Apakah Prancis Benar-Benar Luar Biasa?

Prancis

Fase kualifikasi Piala Dunia 2018 hampir sampai di babak akhir. Beberapa negara telah memastikan diri lolos ke turnamen sepakbola terbesar di bumi yang bakal dihelat di Rusia pada 2018 nanti. Beberapa tim besar seperti Belgia, Meksiko, Inggris, dan Brasil masuk kedalamnya.

Walau demikian, ada satu tim yang disebut-sebut mempunya skuad terbaik, tapi posisi mereka juga masih belum aman. Mereka adalah Prancis, yang bisa dikatakan mempunyai kedalam skuat terbaik diantara tim-tim besar lainnya. Hal itu tentunya tidak bisa dipungkiri, lantaran terlalu mewahnya, pemain-pemain seperti Tiemoue Bakayoko dan Anthony Martial saat ini sedang dalam penampilan terbaikya, justru tak dipanggil kedalam skuat guna babakk kualifikasi melawan Belarusia dan Bulgaria.

Tapi, apa timnas Prancis memang benar-benar fantastis seperti yang dielu-elukan banyak orang?

Kegagalan Prancis di EURO 2016 ketika kalah melawan Portugal di pertandingan final mungkin masih sangat membekas. Bertanding di markas sendiri, Prancis malah menelan kekalahan. Ada satu orang yang telah bertanggung jawab dari hasil tersebut, yakni pelatih Didier Deschamps.

Bukannya tak mungkin, Deschamps bakal melakukan kesalahan serupa. Dia memang telah melakukan kemajuan dengan Prancis yang saat ini prosentase kemenangan senilai 62,6%, daripada pendahulunya, yakni Laurent Blanc, yang cuma mengoleksi 59,6% kemenangan. Walau demikian, dengan talenta yang dia miliki, Deschamps wajib memastikan timnya lolos otomatis ke babak kualifikai Piala Dunia 2018, serta memetik prestasi yang sepadan dengan kemewahan tim yang dia punya.

Prancis dinilai tergolong begitu baik dalam hal kuantitas dan kualitas. Lini bek tengah mereka jadi suatu hal yang membuat cemburu tim lain dengan paduan pemain muda dan tua yang menawan, seperti Adil Rami dan Laurent Koscielny, 2 bek senior sarat pengalaman, serta Samuel Umtiti dan Raphael Varane, 2 bek muda dengan pengalaman bertanding dalam level tertinggi dengan 2 klub terbaik dunia.

Sektor tengah Prancis dapat dikatakan sebagai lini tengah terbaik dunia. Pemain mana yang dapat menandingi duet N’Golo Kante dan Paul Pogba? Jika salah satunya absen, masih ada pemain yang tak kalah bagus macamSteve N’Zonzi, Corentin Tolisso, Adrien Rabiot, hingga Blaise Matuidi.

Lini serang mereka juga bisa membuat pertahanan tim lawan merasa cemas. Kylian Mbappe, Alexandre Lacazette, dan Antoine Griezmann bersaing untuk menjadi penyerang utama, serta jangan lupakan juga Olivier Giroud, yang secara luar biasa, pasti menjadi opsi utama di lini depan Prancis. He..he..he…

Untuk menjawab pertanyaan diatas, benarkah Prancis memang sangat fantastis? Jawabannya adalah benar. Tapi sama seperti motor balap, sekencang apapun, jika pembalapnya tak bagus, maka kemampuan motor tersebut terbuang sia-sia. Sama juga dengan Prancis, jika Deschamps tak memanfaatkan penuh kualitas skuatnya, kemewahan itu bakal menjadi sia-sia.